Perbedaan antara Blogger dan Wordpress - AEONDAY.COM

Sunday, May 10, 2020

Perbedaan antara Blogger dan Wordpress


Perbedaan antara Blogger dan Wordpress


AEONDAY.COM - Dulu ketika saya berselancar di internet dengan mesin pencari seperti google untuk mencari informasi yang saya butuhkan. Pada awalnya saya tidak tahu apapun perbedaan antara Bloggger dan Wordpress, saya kira itu sama saja " hanya sebuah website ". Namun ketika hendak membuat sebuah website disitulah saya temukan banyaknya perbedaan tersebut.


Saya mulai dengan mencoba membuat sebuah blog di blogger/blogspot karena layanannya gratis dan enaknya juga tidak perlu memikirkan batas limit space atau bandwidth. Selain itu blogspot tergolong simple dan mudah digunakan. Bedanya hanya satu yaitu custom domain tanpa adanya embel-embel .blogspot.com di belakangnya. Jika ingin pakai domain TLD jelas harus membelinya.

Sebelum ketopik utama, saya akan menjelaskan dulu sebuah perbedaan dari Worpdress. Karena wordpress itu ada dua macam yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

PERBEDAAN WORDPRESS.COM DAN WORDPRESS.ORG


Adapun persamaan layanan gratis layaknya blogspot yaitu wordpress.com, hanya saja kita akan disuguhkan cukup dengan menulis sebuah artikel saja, pilihan seperti ganti temapun terbatas dan juga kita tidak bisa memasang Plugin. Berbeda dengan layanan gratis dari blogspot yang bisa edit ganti-ganti template dan pasang widget. Walaupun keduanya sama-sama layanan gratis yang tak perlu repot memikirkan bandwidth, space maupun backup.


Jadi menurut saya apabila ingin mencoba layanan gratisan saya usulkan untuk memilih blogspot saja, tapi tidak ada salahnya juga untuk mengenal wordpress.com.

Sedangkan wordpress.org kita akan disuguhkan dengan Hosting yang berkaitan dengan Bandwidth, Space, Maintenance dan pastinya kita harus mengeluarkan biaya. Namun kita bisa memegang kendali penuh, seperti Tema, Desain, FTP akses dan kinerja web. Dan tentu saja kita memiliki domain sendiri tanpa ada nama worpress.com di belakangnya.

Dan ternyata wordpress.com dan wordpres.org memiliki perbedaan yang sangat mencolok( termasuk custom domain ).

Oke, kita mulai membahas perbedaan antara Blogger dan Wordpress secara garis besarnya.


1. Template dan Theme.

Template nama tampilan skin untuk blogspot. Sedangkan wordpress menggunakan istilah nama Theme. Ada banyak template yang bisa kita dapatkan secara gratis untuk blogspot. Sedangkan wordpress theme itu kebanyakan berbayar, adapun theme gratisan, tampilannya biasa-biasa saja fitur dan pluginnya terbatas. Kelebihan theme wordpress bisa mengupdate versi terbaru tanpa harus mengganti tampilan sebelumnya. Berbeda dengan blogspot yang tidak punya sistem update, jika ingin menggantinya kita harus pasang versi baru tersebut dan mengeditnya kembali.

2. Widget dan Plugin. 

Blogger menggunakan nama Widget untuk fitur tambahannya, sedangkan wordpress menggunakan nama Plugin. Plugin bisa lebih unggul daripada widget karena banyak sekali developer yang menyediakan beragam plugin untuk kebutuhan optimalisasi website wordpress.

Seperti misalnya plugin untuk theme contohnya kita bisa mengatur artikel dengan tampilan yang bisa di modifikasi dengan mudah, ada juga wp cache yang bisa meningkatkan kecepatan serta menyeimbangkan lonjakan lalu lintas sebuah situs. Kedua contoh itu tentu tidak ada di blogspot. Dan tidak diragukan lagi plugin lebih unggul dari widget.

3. Pengaturan.

Untuk blogger bisa dikatakan lebih mudah ketimbang wordpress, dari setting template misalnya kode dalam html semua terkumpul dalam satu halaman html saja, sehingga cenderung gampang untuk mencarinya. Sedangkan wordpress semua terpisah antara kode header.php, wrapper, footer.php, plugin dan lainnya. Sehingga mencari pengaturan umumnya terkadang sulit.

4. Perawatan.

Di Blogspot/Blogger nyaris tidak perlu repot dengan perawatan atau maintenance karena kita perlu di pusingkan dengan urusan seperti hosting. Lain halnya wordpress, kita harus siap memonitoring cpanel yang isinya FTP, Backup, Bandwidth, Space. dll. Jika terjadi kesalahan sedikit saja bisa berakibat error. Untuk wordpress pilihlah spesifikasi hosting yang cara kerjanya stabil. Karena itu sangat mempengaruhi kecepatan website.


5. SEO Friendly.

Masalah SEO atau tidak, saya rasa sejauh ini tidak ada hubungannya mau pakai Wordpress atau Blogger. Misalnya dengan menggunakan blogger, website kita akan lebih mudah terindeks oleh Google hanya karena blogger adalah salah satu bagian dari Google.

Pilih Blogger atau Wordpress?


Setidaknya sekarang punya gambaran setelah membaca pebedaan dari keduanya platform tersebut. maupilih blogger atau wordpress itu tergantung kebutuhan anda. Jika website anda yang memerlukan banyak fitur saya sarankan memilih wordpress yang memiliki banyak keunggulan.
Comments


EmoticonEmoticon